Kamis, Juni 07, 2012

Redakan Stres: Yuk! Berbuat Baik pada Sesama

“Dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yg berbuat baik” (Al Baqarah: 195)
Sriwijaya Post / tribunnews.com
“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”. Demikian Baginda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam, menyampaikan dalam sebuah Hadist yang diriwayat oleh (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadist tersebut sering disampaikan dalam ceramah atau bahkan pada pembicaraan sehari-hari di antara kita (bagi umat muslim). Ungkapan tersebut mendorong kita untuk tetap berbuat baik terhadap sesama manusia, siapa pun dan dari umat manapun juga tanpa batasan golongan, suku, maupun agama.

Namun tahukah Anda bahwa berbuat baik untuk orang lain ternyata bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan mengurangi stres. Dengan berkurangnya level stres, maka akan berdampak positif pada penampilan seseorang secara keseluruhan.



Sebagaimana dimuat dalam National Geographic Indonesia (11-05-2012), hasil penelitian gerakan sosial bernama Pekan Berbuat Baik pada Manusia (Be Kind To Humankind Week) yang dilakukan tanggal 25-31 Agustus tiap tahunnya menyimpulkan seseorang dengan kerangka pikiran kasih sayang dan dukungan pada orang lain, ia akan memiliki kesehatan lebih baik dibanding orang yang tidak melakukannya.

Menurut penelitian tersebut, terbukti meningkatkan dopamine di otak, membuat seseorang merasa tenang dan gembira. Selain itu, kebaikan hati juga bisa meningkatkan penghargaan pada diri sendiri, mengurangi kegelisahan dan menggerutu. Alasan utama semua perasaan positif ini timbul sangatlah sederhana. Karena kita menghabiskan waktu lebih sedikit untuk merasa khawatir dan gelisah. Kemudian mencurahkan waktu tersebut untuk membantu masalah orang lain.

Mari kita berbuat baik terhadap saudara, teman, dan seluruh manusia. Berbuat baik dapat dimulai dari hal kecil, seperti halnya sebuah senyuman misalnya.

"Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebaikan sekecil apapun, meski hanya sekedar memberikan senyuman kepada saudaramu"( HR. Muslim).


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...