Sabtu, Agustus 21, 2010

Pembohongan Publik Oleh Eko Ramaditya Adikara (Rama)

Pengakuan mengejutkan disampaikan oleh Eko Ramaditya Adikara, Seorang bloger tunanetra yang juga dikenal sebagai motivator. Setelah sebelumnya mengklaim dirinya sebagai penggugah dari lagu-lagu game buatan Jepang, seperti Xenogears, Super Mario Galaxy, Super Mario Galaxy 2, Xenosaga, dan ChronoCross. Ia kini malah mengaku telah melakukan kebohongan publik saat mengatakan bahwa dirinya sebagai penggugah sejumlah musik untuk game Jepang tersebut.

Pengakuan itu diawali dari kecurigaan seorang anggota forum gamers online yang memaparkan temuan mengejutkan. Kesimpulannya semua karya Rama adalah jiplakan. Rama pun tak bisa berkilah karena ada bukti kuat bahwa karya-karya yang diklaim Rama sudah lama beredar dan diakui di jagat Games.

Puncaknya tanggal 10 Agustus 2010 lalu Rama bersaksi di depan redaksi sejumlah anggota Kotakgame serta memberikan pernyataan di atas materai bahwa ia telah melakukan kebohongan publik. Ia minta maaf atas kesalahannya dan berjanji tidak akan mengklaim lagi semua yang pernah ia akui selama ini. Dua orang saksi dari forum KotakGame membacakan isi surat pernyataan dan turut menandatangani surat pernyataan tersebut.


Membuat kebohongan publik adalah kesalahan besar Rama. Sebelumnya banyak orang pernah kagum atas ‘prestasinya’ yang dilansir di berbagai media, Kompas pernah menurunkan artikelnya di halaman belakang yang biasa diisi tulisan inspiratif. Media elektronika pun banyak menayangkan sepak terjangnya. Bahkan Andy F Noya, program talk show Kick Andy di Metro TV menobatkannya sebagai salah seorang pemuda berprestasi. Konon selain sebagai blogger, komposer game, Rama juga pernah menjadi kontributor lepas detikcom untuk bidang IT serta motivator para penyandang tuna netra.

Sangat disesalkan ini telah terjadi, semoga menjadi pelajaran Rama sang pelaku, media yang mengabarkan kepada massa, dan bagi kita semua yang mengetahuinya.

sumber : Kompas ; kaskus

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...