Selasa, April 13, 2010

Wisata Kota Tua Jakarta


Bosan model wisata itu-itu saja! Sekali-sekali cobalah wisata heritage menjelajah kawasan Kota Tua, di Jakarta Barat.

Sejarah kota Jakarta diperkirakan dimulai sekitar 3500 SM, diawali dengan terbentuknya pemukiman sejarah di sepanjang daerah aliran sungai Ciliwung. Seiring dengan perjalanan sejarah, maka berbagai kampung tumbuh di sepanjang aliran sungai itu. Kampung-kampung ini ada yang bertahan sampai sekarang yang di sebut Kampung Tua. Diantaranya adalah Kampung Bandan, Kampung Orang Cina (Pecinan), Kampung Luar Batang, Kampung Pekojan, Kampung Angke, Kampung Kebon Jeruk dan masih banyak lagi.

Kampung-kampung ini telah banyak mengalami perubahan karena termakan waktu, kendati letak dan sisanya masih bisa disaksikan di era pembangunan. Keberadaan kampung tua dan bangunan-bangunan bersejarah yang terletak di kampung-kampung tersebut justru merupakan kelebihan yang dimiliki kota Jakarta.

Wisata Kota Tua dapat menjadi pilihan untuk melepas penat kita bisa sekaligus belajar sejarah

Di kawasan Kota Tua yang terletak tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Kota ini, kita bisa menikmati sederet bangunan-bangunan tua peninggalan zaman pemerintahan Belanda. Bangunannya semua masih asli meskipun sebagian sudah tampak tidak terawat. Namun semuanya masih tetap menarik untuk "cuci mata"

Selain menikmati deretan bangunan-bangunan tua, jangan lewatkan berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta yang biasa disebut Museum Fatahillah. Di tempat ini kita bisa belajar sejarah Jakarta.

Ada juga beberapa tempat yang tidak kalah menarik dikunjungi seperti Museum Wayang, Museum Seni Rupa, dan Museum Bahari.

Bagi yang hobi fotografi dan berpose, kawasan Kota Tua tempat yang cukup menarik. Ada banyak latar dan objek yang menarik untuk difoto.

Untuk menjelajahi Kota Tua ini kita bisa berjalan kaki saja. Tapi kalau mau sedikit nyaman ada baiknya menaiki sepeda. Tak usah repot, cukup sewa saja sepeda onthel untuk menemani kita berkeliling.

Selamat Mencoba!

Old Style Bicycle Rental (jepret-jakarta.blogspot.com)

sumber : kotatua.blogspot.com ; www.detiknews.com ; en.wikipedia.org (foto)
Link: Wisata Setu Babakan, Kampung Betawi Selatan Jakarta

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...