Kamis, April 29, 2010

Sensus Penduduk Indonesia 2010 : Pastikan Anda Dihitung

Indonesia kini sedang mempersiapkan sensus penduduk modern yang keenam yang akan diselenggarakan pada tahun 2010. Sensus-sensus penduduk sebelumnya diselenggarakan pada tahun-tahun 1961, 1971, 1980, 1990 dan 2000.

Menurut Sensus Penduduk 2000, penduduk Indonesia berjumlah sekitar 205.1 juta jiwa, menempatkan Indonesia sebagai negara ke-empat terbesar setelah Cina, India dan Amerika Serikat. Sekitar 121 juta atau 60.1 persen di antaranya tinggal di pulau Jawa, pulau yang paling padat penduduknya dengan tingkat kepadatan 103 jiwa per kilometer per segi. Penduduk Indonesia tahun 2010 diperkirakan sekitar 234.2 juta.

Dalam Sensus Penduduk 2010 (SP2010) yang akan datang diperkirakan akan dicacah penduduk yang bertempat tinggal di sekitar 65 juta rumahtangga. Untuk keperluan pencacahan ini akan dipekerjakan sekitar 600 ribu pencacah yang diharapkan berasal dari wilayah setempat sehingga mengenali wilayah kerjanya secara baik. Pencacah dilatih secara intensif selama tiga hari sebelum diterjunkan ke lapangan.

SP2010 akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 mei 2010, Petugas akan mendatangi setiap tempat tinggal penduduk untuk melakukan pendataan dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) tertentu. Petugas juga akan menempelkan stiker SP2010 pada bangunan tempat tinggal sebagai tanda bahwa data tempat tinggal dan penghuninya telah dikumpulkan. Dalam hal ini Petugas sensus pendududk dilegkapi dengan surat tugas dan mengenakan tanda pengenal dengan logo SP2010.

SP2010 mencakup semua penduduk yang tinggal di seluruh wilayah territorial Indonesia baik warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga egara Asing (WNA), baik yang bertempat tinggal tetap, maupun yang bertempat tinggal tidak tetap, termasuk anggota korps diplomatic indonesia di luar negeri beserta anggota rumah tangganya. SP2010 tidak mencakup anggota korps diplomatic Negara asing beserta anggota rumah tangganya meskipun tinggal di wilayah territorial Indonesia.

Jadi, jika anda merasa tinggal diwilayah Indonesia maka anda wajib hukumnya untuk menyambut petugas yang akan mencacah rumah tangga anda dan memberi jawaban yang benar.

Anda yang tinggal di kamar kost juga disensus dan dihitung sebagai sebuah rumah tangga, dan anda sebagai kepala keluarga dan anggota keluarganya meskipun seminggu sekali anda pulang kerumah orang tua anda
 
Apa sih manfaat sensus penduduk?? Pertanyaan seperti itu mungkin tersirat dalam benak anda. Tujuan sensus penduduk adalah untuk menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan masyarakat Indonesia.

Manfaat dari SP2010 adalah memperoleh informasi dasar kependudukan sebagai bahan evalusai pembangunan yang diperlukan untuk serta untuk menyusun perencanaan pembangunan baik dalam hal kependudukan, sosial, maupun ekonomi untuk Indonesia di masa mendatang.

Dan perlu anda ketahui, data bps tidak hanya digunakan oleh pemerintah, tetapi juga para peneliti, termasuk karya ilmiah mahasiswa. Data yang akurat tentunya akan mendukung hasil kajian, perencanaan dan implementasi yang lebih baik.

Ingat Sensus Penduduk hanya 10 tahun sekali, ayo kita sukseskan proses ini. dan buktikan bahwa kita warga negara yang baik
  • http://www.bps.go.id/sp2010/index.shtml
  • http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3033756

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...