Sabtu, April 10, 2010

Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status Provinsi. Jakarta bersama metropolitan Jabodetabek dengan penduduk sekitar 23 juta jiwa merupakan wilayah metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia.

Jakarta berlokasi di bagian utara pulau Jawa. Sisi timur dan selatan Jakarta berbatasan dengan provinsi Jawa Barat sedangkan sisi barat berbatasan dengan provinsi Banten.

Dasar hukum bagi DKI Jakarta adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2007, tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. UU ini menggantikan UU Nomor 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia Jakarta serta UU Nomor 11 Tahun 1990 tentang Susunan Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia Jakarta yang keduanya tidak berlaku lagi.

Jakarta berstatus setingkat provinsi dan dipimpin oleh seorang gubernur. Berbeda dengan provinsi lainnya, Jakarta hanya memiliki pembagian di bawahnya berupa kota administratif dan kabupaten administratif, yang berarti tidak memiliki perwakilan rakyat tersendiri. Dengan demikian, DKI Jakarta hanya memiliki DPRD Provinsi dan tidak memiliki DPRD Kabupaten/Kota.

DKI Jakarta memiliki status khusus sebagai Daerah Khusus Ibukota. DKI Jakarta ini dibagi kepada lima kota dan satu kabupaten, yaitu:
  1. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
  2. Kota Administrasi Jakarta Barat
  3. Kota Administrasi Jakarta Pusat
  4. Kota Administrasi Jakarta Selatan
  5. Kota Administrasi Jakarta Timur
  6. Kota Administrasi Jakarta Utara

Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya adalah Lukisan Perisai segi lima yang didalamnya melukiskan gerbang terbuka. Didalam gerbang terbuka itu terdapat "Tugu (Monumen) Nasional" yang dilingkari oleh untaian (krans) padi dan kapas. Sebuah tali melingkar pangkal tangkai-tangkai padi dan kapas. Pada bagian atas pintu gerbang tertulis sloka “Jaya Raya”, sedang di bagian bawah perisai terdapat lukisan ombak-ombak laut.

Sumber: id.wikipedia ; www.jakarta.go.id

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...